HomeBeritaTips Memulai Bisnis Sampingan Karyawan, Jadi Penghasilan Tambahan!

Tips Memulai Bisnis Sampingan Karyawan, Jadi Penghasilan Tambahan!

Menjadi karyawan swasta atau pegawai negeri memang bikin hati tenang, karena kamu mendapatkan penghasilan rutin berupa gaji bulanan. Namun terkadang, penghasilan rutin tersebut tidak cukup untuk menabung, berinvestasi, atau menambah aset kekayaan. Karena itulah, penting untuk memiliki penghasilan tambahan, berupa bisnis sampingan karyawan.

Memiliki bisnis sampingan sangatlah membantu bagi kehidupan terutama untuk menunjang penghasilan bulanan yang biasa diterima. Berikut ini tips memulai bisnis sampingan karyawan untuk penghasilan tambahan selain gaji bulanan bagi kamu yang ingin mencoba.

1. Menyisihkan gaji sebagai modal usaha

Keuntungan jika kamu adalah seorang karyawan dan pegawai, adalah memiliki sumber modal selain meminjam uang dari bank, yaitu menyisihkan gaji per bulan sebagai modal bisnis sampingan.

Tentukan dulu berapa budget modal yang kamu butuhkan untuk bisnis sampingan kamu. Hal ini bisa diketahui dengan membuat laporan arus kas sederhana untuk melihat estimasi pemasukan dan pengeluaran bisnis kamu nanti.

Kemudian, setelah mengetahui berapa modal awal yang dibutuhkan, kamu bisa membuat alokasi dana untuk ditabung dari gajimu, Usahakan setiap bulannya kamu bisa menyisihkan 10% hingga 25% gaji bulanan kamu atau lebih, sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Persiapkan rencana dan ide bisnis yang matang

Saat ingin berangkat liburan saja, kita pasti butuh rencana dari tempat menginap hingga destinasi yang ingin dituju. Begitu juga saat ingin memulai bisnis sampingan karyawan.

Penting untuk memiliki perencanaan bisnis yang matang supaya usaha sampingan bisa berjalan lancar dan minim hambatan. Bentuk rencana bisnis tersebut seperti memilih ide bisnis, persiapan produk, keuangan, target konsumen, serta strategi pemasaran produk/jasa yang kamu tawarkan.

3. Jangan sampai bisnis sampingan mengganggu pekerjaan utama

Memiliki bisnis sampingan karyawan memang menggiurkan, apalagi jika bisnis sampingan malah lebih besar penghasilannya daripada pekerjaan utama. Namun. kamu harus tetap menjaga keduanya tetap seimbang dan bisa berdampingan, jangan sampai malah membuat pekerjaan utama terbengkalai.

Perhatikan juga dari segi legalitas dan hukum, siapa tahu di kontrak kerjamu ada poin yang menyatakan bahwa kamu tidak diperkenankan punya bisnis sampingan yang akan menjadi pesaing bagi perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

4. Atur waktu secara baik antara pekerjaan utama dan bisnis sampingan

Alasan terbesar bagi seorang karyawan atau pegawai negeri enggan memulai bisnis sampingan karena terlalu sibuk. Tenaga sudah banyak tercurah di tempat kerja. Ini mungkin benar dan masuk akal, namun apa iya, kita benar-benar tidak punya waktu luang sama sekali?

Menonton YouTube atau film saat bekerja, terlalu lama mengobrol dengan rekan kerja apalagi saat jam istirahat, serta merasa bosan dengan pekerjaan, ini bisa jadi penyebab kamu tidak produktif bekerja. Coba evaluasi lagi bagaimana kamu menggunakan waktu di setiap harinya.

Jika diperlukan, buatlah jadwal yang rinci tentang apa saja yang ingin kamu lakukan, termasuk mengenai kapan kamu mau mengerjakan ide bisnis sampingan, lalu evaluasi secara rutin. Kamu bisa membuat dan mengatur jadwal khusus agar waktumu terpakai dengan baik, pekerjaan utama aman, bisnis sampingan juga jalan.

Mungkin kamu bisa meluangkan waktu di akhir pekan, atau malam hari setelah pulang kerja. Terasa berat memang karena waktu luangmu tersita, namun hasilnya juga sepadan, kan?

5. Tetapkan komitmen

Gak hanya dengan pasangan saja yang butuh komitmen, memulai bisnis sampingan karyawan juga diperlukan. Memulai bisnis memang lebih mudah, semua orang bisa. Namun yang sulit adalah untuk berkomitmen terhadap bisnis sampingan ini.

Apalagi, kamu harus membagi waktu dengan pekerjaan utama, karena itulah sangat penting untuk memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan dan menjalankan bisnis.

Catat semua aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan bisnis dan komitmen yang kamu miliki untuk mengembangkan bisnis. Semakin banyak waktu yang diluangkan dan komitmen yang dimiliki, semakin cepat pula bisnis sampinganmu menuju kesuksesan.

6. Tentukan target bisnis

Jangan sampai saat memulai bisnis sampingan, kamu tidak memiliki arah tujuan dan target bisnis. Mulailah tentukan target secara berkala, dari target harian, bulanan hingga tahunan, sehingga kamu bisa mudah melihat perkembangan bisnismu. Karena, jika kamu tak menentukan target bisnis, tentunya akan menghabiskan waktu, energi, pikiran dan biaya yang sia-sia.

7. Saatnya memulai!

Setelah mempersiapkan dengan matang beberapa hal di atas, saatnya kamu memulai bisnis. Kamu harus yakin dengan bisnis sampingan karyawan yang kamu rintis akan meraih sukses. Tetap sabar dan gigih, karena tentu di awal memulai bisnis sampingan karyawan tidak langsung mulus dan banyak rintangan.

Setelah mengetahui tips memulai bisnis sampingan karyawan, tunggu apalagi? Jangan menunda-nunda untuk memulainya. Karena, di luar sana ada banyak pengusaha baru dan bisnis yang siap bersaing. Buang rasa takut akan kegagalan karena itu hanya akan menghambat kesuksesan kamu. Siap untuk sukses dapat penghasilan tambahan dan dapat cuan?

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Aplikasi Pintu

Most Popular

- Advertisment -
Neo Bank