HomeBeritaMengenal Konsep Time Value of Money, Apa Itu?

Mengenal Konsep Time Value of Money, Apa Itu?

Pernah mendengar istilah mengenai konsep time value of money? Banyak orang mengenal uang hanya sebagai alat pembayaran dalam transaksi ekonomi. Memang benar, namun ada hal yang lebih luas dari itu, yang dikenal sebagai time value of money. Apa itu?

Konsep time value of money adalah konsep di mana nilai uang saat ini pasti akan berbeda nilainya pada beberapa tahun mendatang. Perbedaan ini terjadi karena adanya inflasi dan faktor ekonomi lain yang berkaitan dengan penentuan harga produk dan daya beli.

Dilansir BPS, data di tahun 2020, inflasi di Indonesia secara turunan yakni 1,68 persen. Nilai ini jauh lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 2,72 persen. Memang gak heran, karena sejak tahun 2017, inflasi di Indonesia terus mengalami penurunan.

Rendahnya angka inflasi bukan merupakan berita bagus. Karena hal ini lebih disebabkan karena merosotnya daya beli masyarakat. Bukti dari terjadinya inflasi bisa dilihat dengan mudah dari harga bahan makanan dan kebutuhan pokok yang justru mengalami kenaikan signifikan.

Sebagai gambaran, uang Rp7.000 di tahun 2010 pasti nilainya berbeda dengan uang Rp7.000 di tahun 2021. Jika pada tahun 2010 uang senilai Rp7.000 bisa digunakan untuk membeli 1 kg beras, maka di tahun 2021 ini dengan nilai uang yang sama yaitu Rp7.000 tidak bisa lagi digunakan untuk membeli 1 kg beras, karena harga beras per 1 kg kini berkisar Rp9.500 per kilogramnya.

Pentingnya memahami time value of money

Konsep time value of money sangat bermanfaat dalam pengelolaan keuangan, terutama sebagai dasar pengambilan keputusan dan perencanaan keuangan di masa mendatang, baik itu individu maupun perusahaan.

Bagi investor
Sebagai investor memahami konsep time value of money sangatlah penting untuk mengetahui dan menganalisis suatu investasi apakah menguntungkan atau tidak. Juga sangat penting untuk membuat keputusan tepat terkait dengan investasi, seperti instrumen investasi apa yang dipakai, serta perkiraan return yang didapat nanti.

Bagi perusahaan
Sedangkan bagi perusahaan adalah membantu untuk menghitung dan menyusun alokasi anggaran. Tentunya perusahaan tidak hanya sebatas melakukan kegiatan produksi saja, tetapi juga pengembangan dan inovasi. Hal tersebut merupakan bentuk investasi bagi perusahaan.

Bagi individu
Bagi individu juga sangat penting, karena bisa membantumu untuk menentukan berapa banyak uang yang harus ditabung untuk mencapai target serta tujuan finansial yang diinginkan dalam periode waktu tertentu. Selain itu, kamu juga bisa terbantu dalam pengambilan keputusan pembelian suatu barang, apakah lebih menguntungkan untuk dibeli hari ini atau lebih baik dibeli beberapa tahun mendatang.

Bagaimana cara menghitungnya?

  • konsep time value of money

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash
Ada dua konsep utama mengenai perhitungan time value of money, yaitu perhitungan nilai uang sekarang (present value) dan perhitungan nilai uang di masa depan (future value).

Present value (Nilai uang sekarang)
Present value merupakan nilai uang sekarang atau yang dimiliki saat ini, yang bisa diinvestasikan untuk mendapatkan bunga dan keuntungan di masa depan. Rumus umum yang biasa digunakan untuk menghitung present value adalah:

Pv = Fv / (1 + i)n

Keterangan:

Pv = present value (nilai uang sekarang)

n = jangka waktu

Fv = future value (nilai uang di masa depan) di tahun ke-n

i = interest (suku bunga)

Misalnya, seorang karyawan akan menabung di bank dengan tujuan agar mendapatkan uang Rp10.000.000 setelah satu tahun menabung. Jika tingkat suku bunganya 10% maka jumlah awal uang yang harus ditabungkan karyawan tersebut adalah?

Jawab:

Pv = Fv / (1 + i)n

Pv = Rp10.000.000 / (1 + 0.1)1

Pv = Rp10.000.000 / 1.1

Pv = Rp9.090.909

Berarti, uang yang harus ditabungkan oleh karyawan tersebut sebesar Rp9.090.909.

Future value (Nilai uang di masa depan)
Future value merupakan nilai uang yang akan diterima di masa depan setelah menginvestasikan atau menabung sejumlah uang dengan mendapat suku bunga tertentu. Ciri dari future value adalah nominal uang yang ditabung akan bertambah sesuai persentase suku bunga yang didapat.

Rumus umum yang biasa digunakan untuk menghitung future value adalah sebagai berikut:

Fv = Pv (1 + i)n

Keterangan:

Pv = present value (nilai uang sekarang)
n = jangka waktu
Fv = future value (nilai uang di masa depan) di tahun ke-n
i = interest (suku bunga)

Misalnya, seorang karyawan menabung uang sebesar Rp20.000.000. Jika suku bunga yang didapatkan sebesar 10% per tahun, maka nilai total tabungan karyawan tersebut satu tahun yang akan datang yaitu

Jawab:

Fv = Pv (1 + i)n

Fv = Rp20.000.000 (1 + 0,1)1
Fv = Rp20.000.000 (1.1)
Fv = Rp22.000.000

Berarti, nilai total tabungan karyawan tersebut setelah satu tahun menabung adalah sebesar Rp22.000.000.

Setelah memahami konsep time value of money serta cara penghitungannya, kamu bisa lebih menghargai uang dengan mempertimbangkan nilai waktu yang ada, serta instrumen investasi apa yang dipilih dan paling sesuai apakah jangka pendek atau panjang. Gak hanya itu saja, time value of money juga berdampak dalam pengambilan keputusan bisnis, alternatif perencanaan keuangan, serta strategi pengeluaran setiap bulan.

Dengan memahami time value of money, kamu bisa lebih paham tentang pentingnya menabung untuk masa depan. Makin muda saat memulai, makin cuan nantinya di masa depan. Apalagi jika dengan bunga yang tinggi.

Sebagai bank digital terkemuka di Indonesia, Bank Neo Commerce memiliki produk tabungan dan deposito yaitu Tabungan Neo NOW dan Deposito Neo WOW dengan rate yang bersaing. Tabungan Neo NOW #BeraniLebih kasih kamu keuntungan, lho. Di antaranya adalah:

    • Bebas biaya transfer antar bank
    • Bunga yang tinggi hingga 6%
    • Tanpa minimal setoran
    • Bebas biaya admin
    • Bunga cair harian
    • Flexi tarik-simpan

Ada juga produk deposito yang #BeraniLebih kasih cuan, yaitu Deposito Neo WOW. Jangka waktu tenor dari Deposito Neo WOW sangat beragam, mulai dari 7 hari, hingga 1, 3, 6, dan 12 bulan dengan nominal deposito mulai dari Rp200 ribu saja. Tak hanya itu, bunga deposito yang ditawarkan juga tinggi, mulai dari 6,5% p.a. hingga 8% p.a.

Jangan khawatir, Bank Neo Commerce juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, jadi semuanya aman. Cara buatnya juga sangat mudah, kamu tak perlu datang ke bank. Semuanya cukup lewat smartphone, karena semua bisa dilakukan melalui genggaman tangan. Sudah aman, nyaman, dan tentu saja cuan. Tunggu apa lagi? Ayo daftar sekarang!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Aplikasi Pintu

Most Popular

- Advertisment -
Neo Bank