HomeBerita10 Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif

10 Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, ekonomi kreatif adalah sebuah istilah yang digunakan dalam ekonomi global untuk menggambarkan pekerjaan langsung atau tidak langsung dalam industri kreatif. Beberapa upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif yang bisa dilakukan pemerintah maupun kalangan terkait adalah sebagai berikut ini.

Memberikan Insentif pada Pelaku Usaha

Insentif adalah bonus atau kompensasi yang diberikan pihak tertentu. Dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif, pemerintah perlu memberikan insentif. Tujuan insentif adalah untuk mempermudah para pelaku usaha ekonomi kreatif mengembangkan kegiatanya.

Ada banyak jenis insentif yang bisa diberikan. Sejauh ini dalam hal keuangan, pemerintah setidaknya telah memberikan lima jenis insentif. Antara lain:

  • PPh Pasal 21 ditanggung pemerintah. Ini masuk kategori P-DPT, artinya pajak terutang dibayar oleh pemerintah.
  • PPh Final UMKM ditanggung pemerintah
  • Pembebasan PPh Pasal 22 untuk kategori impor
  • Pengurangan yang diberikan pada angsuran PPh Pasal 25 sebesar 50%
  • Pengembalian pendahuluan PPN

Selain itu, ada beberapa intensif lain yang diberikan kepada pelaku usaha, antara lain:

  • Perlindungan produk
  • Dana pengembangan
  • Fasilitas pemasaran
  • Pertumbuhan pasar domestik dan internasional
  • Mendapatkan informasi trend dalam negeri dan luar negeri
  • Sarana dan prasarana, dan lain-lain

Membuat Roadmap Ekonomi Kreatif

Pembuatan roadmap ekonomi kreatif melibatkan lembaga pemerintah dan kalangan swasta. Tugas pemerintah adalah menyiapkan sebuah roadmap supaya ekonomi kreatif dapat berjalan dengan baik dan menuju kearah yang maju dan berkembang.

Roadmap dibuat dengan cara menyusun program komprehensif untuk menggerakkan ekonomi kreatif ke arah pengembangan. Dengan menyusun roadmap, mulai dari sumber daya manusia, desain, kualitas, pasar dapat terbangun dan bergerak dengan tujuan yang jelas dan terarah.

Mengadakan Pelatihan Ekonomi Kreatif

Upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif bisa dilakukan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan. Tujuan adanya pelatihan ekonomi kreatif adalah untuk memberi bekal berupa pemahaman dan pendidikan tentang ekonomi kreatif. Sehingga, para pelaku usaha dapat mengembangkan ide mereka dengan benar.

Beberapa bentuk pelatihan dan juga dukungan yang dilakukan pemerintah sebagai upaya meningkatkan ekonomi kreatif adalah:

  • Peningkatan penggunaan teknologi melalui program kemitraan. Program ini bertujuan untuk menghasilkan produk berdaya saing tinggi.
  • Mengadakan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI). Pekan Produk Kreatif Indonesia terdiri dari tiga kegiatan, yaitu pameran, konvensi, dan gelar seni.
  • Mengadakan festival ekonomi kreatif. Kementerian perdagangan bertindak dalam upaya meningkatkan citra dan identitas bangsa Indonesia.
  • Membuat wahana kreatif. Wahana kreatif adalah upaya untuk meningkatkan eksposur karya bangsa kepada pengunjung asing.
  • Pelatihan peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran. Peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran biasanya dilakukan melalui promosi atau pemasaran.
  • Riset ekonomi kreatif dan fasilitas pemberian insentif. Upaya ini bertujuan untuk menciptakan inovasi dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui riset dan pemberian insentif.
  • Fasilitas. Fasilitas merupakan kegiatan berupa kontes atau perlombaan ekonomi
  • Penciptaan identitas pada setiap lokal daerah tingkat 1, tingkat 2 dan juga identitas nasional. Upaya ini bertujuan untuk memperkenalkan produk lokal kepada dunia luar.

Dengan mengadakan pelatihan ekonomi kreatif, maka pelaku usaha akan mampu meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Memberikan Perlindungan Hukum

Produk ekonomi kreatif merupakan produk yang rawan ditiru oleh orang lain. Hal ini karena produk yang dihasilkan bersumber dari kreativitas, ide, inovasi, dan pengetahuan manusia.

Maka, upaya meningkatkan ekonomi kreatif yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah memberikan perlindungan hukum kepada semua produk yang dihasilkan pelaku ekonomi kreatif. Contohnya adalah Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Mempersiapkan Investor

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ekonomi kreatif selanjutnya adalah mempersiapkan investor. Dalam sebuah bidang usaha, investor merupakan bagian yang sangat diperlukan.

Ekonomi kreatif dapat meningkat dengan cepat apabila terdapat investor yang siap mengeluarkan dananya untuk pengembangan usaha. Pemerintah dapat menarik perhatian investor dengan melakukan strategi promosi usaha secara intensif

Baca juga: Daftar 10 Investor Terkaya di Indonesia dan Dunia

Menganalisis Faktor Keberhasilan

Salah satu upaya meningkatkan ekonomi kreatif lainnya adalah dengan menganalisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan usaha termasuk dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif. Faktor keberhasilan tersebut, antara lain:

  • Ketersediaan sumber daya tenaga kerja dan infrastruktur
  • Adanya undang-undang yang melindungi kekayaan intelektual
  • Ketersediaan akses ke pasar global, dan lain-lain

Memprioritaskan Akses Seni

Upaya meningkatkan ekonomi kreatif tentunya tidak terlepas dari seni. Kreativitas itu sendiri berasal dari seni seseorang. Oleh karena itu, harus ada keragaman seni di masyarakat sehingga setiap orang dapat meningkatkan ekonomi kreatif.

Membuat Teknologi Canggih

Membuat teknologi atau menciptakan penemuan baru adalah upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Dengan teknologi canggih membuat para konsumen tertarik, sehingga mendukung bisnis agar semakin maju dan ekonomi kreatif semakin meningkat.

Mempelajari Keterampilan Khusus

Para pelaku usaha cenderung memiliki pengetahuan di bidangnya masing-masing. Mereka membangun bisnis dengan mengajarkan keterampilan yang telah mereka pelajari dan mempraktekkannya. Keterampilan ini bisa termasuk soft skill seperti negosiasi, interaksi, dan komunikasi.

Membuat Produk

Upaya meningkatkan ekonomi kreatif selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat produk. Produk-produk yang dimaksudkan bisa berupa grafik, desain, dan lain-lain. Jika seorang pelaku usaha dapat membuat produk yang menarik, maka otomatis akan ikut meningkatkan ekonomi kreatif.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan pemerintah maupun perusahaan sebagai bentuk upaya meningkatkan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif memiliki pangsa pasar yang terus berkembang. Oleh karena itu, inovasi dan pengetahuan juga perlu terus dikembangkan.

Berbicara tentang investor dan investasi, belakangan ini investasi crypto sedang diminati banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, aplikasi Pintu siap membantumu!

Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti dan menyediakan berbagai fitur yang bisa memudahkan aktivitas investasi dan trading kamu, yaitu:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari awal hingga akhir meliputi strategi trading, dasar-dasar cryptoblockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa nabung crypto secara mudah dengan bunga tinggi capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Tunggu apalagi, download Pintu sekarang!

Referensi:

Accessventures. What Is The Creative Economy?. Diakses tanggal: 27-02-2022.

Celine (CX) Roque. 7 Business Ideas to Make Money in the Creative Economy. Diakses tanggal: 27-02-2022.

Portaledukasi. Ekonomi Kreatif. Diakses tanggal: 27-02-2022.

Rochmat Aldy Purnomo, S.E., M.Si. Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia. Cetakan Pertama, 2016. Surakarta.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Aplikasi Pintu

Most Popular

- Advertisment -
Neo Bank